KATA PENGANTAR
Penelitian tindakan kelas ( PTK) ini
dilaksanakan karena munculnya kesadaran (refleksi diri) dari penulis
sebagai guru, bahwa praktek yang dilaksanakan selama ini mengalami masalah yang
tidak terselesaikan. Peneliti mengumpulkan data dari praktek mengajar yang telah dilaksanakan, kemudian mencoba mengingat
kembali apa yang dikerjakan didalam
kelas, apa dampak tindakan bagi siswa, dan kemudian mencoba memikirkan mengapa dampaknya seperti itu. Dari
hasil refleksi dan diskusi dengan
teman sejawat, peneliti mencoba menemukan kelemahan dan kekuatan dari
tindakan yang dilakukan sehingga penelitian ini dilaksanakan.
Akhir kata,peneliti mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah terlibat
pada penelitian tindakan kelas ini, sumbang saran dari berbagai pihak yang
berkompeten sangat peneliti harapkan untuk perbaikan PTK ini.
Penyusun,
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar .................................................................................................. i
Daftar
Isi ........................................................................................................... ii
A. Pendahuluan
............................................................................................... 1
B. Perencanaa
Penelitian ................................................................................. 2
1. Judul
..................................................................................................... 2
2. Identifikasi
Masalah ............................................................................. 2
3. Analisis
Perumusan Masalah ................................................................ 2
4. Kerangka
Teoritis dan Hipotesis .......................................................... 3
5. Rencana
Pelaksanaan Pembelajran ....................................................... 5
C. Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas .................................................... 10
1. Tempat
dan Waktu Pelaksanaan ......................................................... 10
2. Prosedur
Pelaksanaan .......................................................................... 10
3. Hal
- hal yang Unik ............................................................................. 11
D. Temuan
...................................................................................................... 12
1. Hasil
Pengeloaan Data ........................................................................ 12
2. Deskripsi
Temuan dan Refleksi .......................................................... 13
3. Pembahasan
......................................................................................... 14
E. Kesimpulan
dan Saran Tindak Lanjut ....................................................... 14
Daftar
Pustaka ................................................................................................. 16
Lampiran
.......................................................................................................... 17
A. Pendahuluan
Tingkat penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran dinyatakan dengan prosentase keberhasilan diatas 75 %, sedangkan hasil yang diperoleh
dikelas 6 pelajaran Matematika dengan materi hubungan antara satuan berat hanya
mencapai 64 %, oleh sebab itu peneliti sebagai guru kelas 6 merasa perlu untuk
melaksanakan penelitian Tindakan kelas.
Pengalaman mengajar selama ini, ada yang mencerminkan keberhasilan dan
ada yang merupakan kegagalan, namun dalam kontek PTK kegagalan ini harus di perbaiki
untuk mencapai hasil yang maksimal.
Penelitian Tindakan Kelas ini lebih ditekankan kepada langkah-langkah pem belajaran melalui observasi dan diskusi
dengan teman sejawat yang dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran.
PTK ini bermanfaat bagi berbagai pihak, diantaranya bagi guru untuk
mening katkan kemampuan dalam memperbaiki
pembelajaran yang dikelolanya, bagi siswa meningkatkan kemampuan dalam memahami hubungan antar satuan berat, dan
bagi sekolah yang menyebarluaskan
hasil temuan yang dilaksanakan guru di sekolahnya kemudian disosialisasikan, sekolah mempunyai
kemampuan yang besar untuk berubah secara menyeluruh.
Laporan ini memuat pendahuluan,
perencanaan dan pelaksanaan PTK, temuan dan hasil serta kesimpulan dan
saran tindak lanjut.
B. Perencanaan
Penelitian Tindakan Kelas
1.
Judul : Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan
Hubungan Antar Satua Berat
2.
Identifiakasi Masalah
Hasil ulangan matematika kelas 6 SDN 2
Sukarame dengan kompetensi dasar melakukan pengukuran dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah (3) indikator "menentukan
hubungan antar satuan berat", hanya 15 orang dari 56 siswa yang
mencapai tingkat penguasaan materi di atas 70 %.
Berdasarkan
hasil temuan di atas peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk
mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan, dari
hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
a.
Kurangnya konsentrasi siswa ketika proses
belajar mengajar berlangsung.
b.
Kurangnya kemampuan prasyarat yang dimiliki
sebagian siswa.
3.
Analisis Perumusan Masalah
Melalui diskusi dengan teman sejawat diketahui bahwa faktor penyebab
siswa kurang menguasai materi yang diajarkan adalah :
a.
Penjelasan guru terlalu abstrak.
b.
Kurang melibatkan siswa.
c.
Kurang contoh dan iatihan.
Berdasarkan hal tersebut penelitian
berfokus kepada "Bagaimana meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi hubungan antar satuan berat melalui
penggunaan alat peraga, bermain peran,latihan dan pemberian PR ?"
4.
Kerangka Teoritis dan hipotesis
Gagne mengelompokan hasil belajar kedalam 5 kategori :
a.
Informasi verbal (verbal information)
Informasi verbal adalah kemampuan yang menuntut siswa untuk memberikan tanggapan khusus terhadap stimulus yang relatif
khusus (Dick & Carey, 1990). Salah satu kemampuan yang termasuk
informasi verbal adalah menuliskan nama-nama provinsi di Indonesia
b. Keterampilan
intelektual (intellectual skills).
Menurut Dick & Carey (1990) keterampilan intelektual adalah kemampuam
yang menuntut siswa untuk melakukan kegiatan kognitif yang unik. Contoh ke- mampuan
yang tergolong keterampilan intelektual adalah menerapkan rumus matematika
c. strategi
kognitif (Cognitive Strategies).
Strategi Cognitiv mengacu pada kemampuan mengontrol proses internal yang
dilakukan oleh individu dalam memilih dan memodifikasi cam berkonsentrasi, belajar,
mengingat dan berpikir ( Gagne,Brigges & Wager,1992 ).
Salah satu contoh strtegi kognitif untuk mengingat adalah Memonic System misalnya : KABATAKU (Kali, Bagi, Tambah, Kurang).
d.
Sikap (Attitudes)
Dikaitkan dengan hasil belajar, sikap adalah
kemampuan siswa dalam menentu kan pilihan atau bertindak sesuai dengan
sistem nilai yang diyakininya.
e.
Keterampilan motorik
Keterampilan motorik mengacu kepada kemampuan melakukan gerakan atau
tindakan yang terorganisasi yang direfleksikan melalui kecepatan, ketepatan, ke
kuatan dan kehalusan (Gagne,Brigges & Wager,1992).
Contoh dan keterampilan motorik adalah mengukur tinggi badan.
1)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
Mata Pelajaran : matematika
Kelas/semester : 6/2
Pertemuan ke : 7
Waktu : 2 X 40 menit
I.
Standar Kompetensi
- Melakukan
pengukuran untuk pemecahan masalah
- Mengenal
sistem koordinat pada bidang datar
II.
Kompetensi dasar
Melakukan pengukuran
dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
III.
Indikator
Menetukan hubungan antar satuan panjang, waktu, berat, luas,
volume, kecepatan, debit.
IV.
Tujnan Pembelajaran
Membandingkan antar satuan berat.
V.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas, ceramah.
VI.
Langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal (± 10 menit )
1.
Guru
melakukan kegiatan apersepsi tentang hubungan ukuran luas yang telah
dipelajari
2.
Guru memberikan motivasi untuk membangkitkan
semangat belajar siswa.
B. Kegiatan
inti (± 50 menit)
1. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang satuan ukuran berat dengan menggunakan tangga
satuan.
2. Siswa
mengerjakan soal-soal latihan
C. Kegiatan
akhir (± 20 menit)
1.
Guru bersama-sama siswa melakukan refleksi
tentang mated yang baru dipelajari
2.
Siswa menuliskan 5 soal PR
VII. Alat/Bahan,
Sumber Belajar
Matematika 6 Mari
Berhitung, Depdiknas ; Belajar
Matematika 6, PT. SPKN
VIII. Penilaian
A.
Teknik : Tes tulisan
B.
Bentuk : lsian
C.
Instrumen :
Isilah
titik-titik berikut ini !
1.
9 ton = ... Kwintal
2.
15 kg = ... Pon
3.
50 dag = ... ons
4.
3.000 g = ... dg
5.
350 kg =
... Kwintal
6.
45 ons = ... Pon
7.
8 Pon = ... ons
8.
2 Kwintal = ... ons
9.
3,5 Kwintal = ... ton
10.
100 g = ... dag
Kunci Jawaban
1. 90 3. 5 5. 3,5 7. 40 9. 0,35
2. 30 4. 30.000 6. 9 8. 2.000 10. 10
2)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus
II
Menganalisis hasil yang diperoleh siswa pada siklus I, maka siklus II
perlu dilaksanakan selama 40 menit dengan memfokuskan pada tujuan perbaikan dan
kegiatan pembelajaran dengan perencanaan penelitian sebagai ebrikut.
A. Tujuan
perbaikan siklus II adalah :
1.
Siswa dapat
membandingkan hubungan antara pon, dan ons, kwintal, dan ton.
2.
Siswa dapat
menyelesaikan soal yang ada hubungannya dalam kwintal dan ton.
B. Kegiatan
pembelajaran siklus II.
a)
Kegiatan awal
(± 5 menit)
- Memeriksa
PR.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b)
Kegiatan inti
(± 30 menit)
- Guru dan siswa bertanya jawab tentan hubungan
antara satuan berat, ons, pon, kwintal, ton.
- Siswa bermain peran sebagai penjual dan pembeli
dengan fokus penggunaan satuan ons, pon, kwintal, ton.
- Siswa
menyelesaikan soal tentang hubungan antara satuan berat.
c)
Kegiatan akhir
(± 5 menit)
- Guru dan siswa melakukan refleksi tentang
pelajaran yang baru dipelajari.
- Siswa
diminta untuk menuliskan 5 soal PR.
d) Alat,
bahan sumber belajar
Alat
peraga : Timbangan duduk (dacin). Gula putih kiloan (2 bungkus),
gula
putih 1 ons (10 bungkus).
Sumber belajar : Mari Berhitung 6,
Penerbit Depdiknas ; Belajar
Matematika
6, PT. SPKN
e)
Penilaian
1.
Teknik : Tes tulis
2.
Bentuk : Isian
3.
Instrumen :
Isilah titik-titik berikut ini !
1.
20 kwintal =
... ton
2.
30 pon = ... kg
3.
10 ons = ... dag
4.
3.000 dg = ... g
5.
3,5 kwintal = ... kg
6.
15 pon = ... ons
7.
25 ons = ... pon
8.
3.000 ons = ... kwintal
9.
2,5 ton = ... kwintal
10.
1500 gr = ... ons
Kunci jawaban
1.
2 3. 100 5. 3.500 7. 5 9. 25
2.
15 4. 300 6. 75 8. 3 10. 15
C. Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas
1.
a.
Tempat : Kelas 6 SDN 2 Sukarame
b. Waktu Pelaksanaan : Siklus I, Tanggal 29
Januari 2008
Siklus
II, Tanggal 30 Januari 2008
c. Jumlah siswa : L = 25 Siswa
P = 31 Siswi
2.
Prosedur
Pelaksanaan
Penelitian dilakukan selama 1 jam
pelajaran (40 menit), adapun teman sejawat yang membantu mengamati
Penelitian Tindakan Kelas berlangsung adalah :
a.
Ahmad Rifai Ama.Pd, kepala SDN 2 Sukarame
b.
Solihin
Atmawijaya S.Pd, guru SDN Sukamaju (data teman sejawat terlampir). Langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh peda
Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut :
Siklus 1
a.
Mengajukan pertanyaan tentang pelajaran
sebelumnya
b.
Guru membahas materi pelajaran kemudian siswa
menyelesaikan soal latihan
c.
Siswa
bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran tentang hubungan antar
satuan berat
d.
Siswa menuliskan 5 soal PR
Siklus 2
a.
Memeriksa hasil pekerjaan rumah
b.
Bertanya jawab tentang ukuran berat dengan fokus
ons, pon, kwintal, dan ton
c.
Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok kemudian bermain peran sebagai penjual dan
pembeli dengan alat peraga timbangan
(dacin), 2 bungkus gala putih 0,5 kg, 10 bungkus gula putih @ 1 ons
d.
Menyelesaikan
soal latihan
e.
Menyimpulkan
materi yang baru dipelajari
f.
Menuliskan 5
soal PR
3.
Hal-hal
yang unik
Hal-hal yang unik yang muncul ketika pelaksanaan PTK berlangsung adalah perubahan suasana kelas dan perhatian siswa kaku
hal ini disebabkan karena adanya 2 teman
sejawat yang bertindak sebagai observer dibelakang kelas, hal ini terjadi pada
siklus pertama untuk sikius berikutnya
porses belajar mengajar berjalan seperti biasa.
Hal unik yang lain, ada beberapa anak
yang bertanya tidak sesuai dengan materi yang baru diajarkan tetapi hal inipun dapat diatasi peneliti dengan cara
mengarahakan dan membimbing siswa kepada hal yang seharusnya mereka
lakukan.
D.
Temuan (Hash Yang Diperoleh)
1.
Hasil
Pen olahan Data
No
|
Nama
|
L/P
|
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Keterangan
|
||
Nilai
|
%
|
Nilai
|
%
|
||||
1.
|
Deni
|
L
|
7
|
70
|
10
|
100
|
|
2.
|
Rika D
|
P
|
2
|
20
|
8
|
80
|
|
3.
|
Rita S
|
P
|
6
|
60
|
10
|
100
|
|
4.
|
Siti
|
P
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
5.
|
Susi
|
P
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
6.
|
Ani
|
P
|
3
|
30
|
5
|
50
|
|
7.
|
Reni
|
P
|
4
|
40
|
7
|
70
|
|
8.
|
Rika S
|
P
|
6
|
60
|
8
|
80
|
|
9.
|
Willy
|
L
|
1
|
10
|
5
|
50
|
|
10.
|
Andriani
|
P
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
11.
|
Anisa P
|
P
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
12.
|
Hardiansyah
|
L
|
6
|
60
|
7
|
70
|
|
13.
|
Anita D
|
P
|
5
|
50
|
8
|
80
|
|
14.
|
Ahmad A
|
L
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
15.
|
Abdul H
|
L
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
16.
|
Asep M
|
L
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
17.
|
Intan SR
|
P
|
6
|
60
|
8
|
80
|
|
18.
|
Icha
|
P
|
6
|
60
|
10
|
100
|
|
19.
|
Ismalia
|
P
|
6
|
60
|
8
|
80
|
|
20.
|
M Ridwan
|
L
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
21.
|
Mizwar
|
1
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
22.
|
Narry
|
P
|
6
|
60
|
10
|
100
|
|
23.
|
Rath
|
P
|
5
|
50
|
8
|
80
|
|
24.
|
Rika M
|
P
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
25.
|
Riyadi
|
L
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
26.
|
Syaripah N
|
P
|
4
|
40
|
8
|
80
|
|
27.
|
Apisya
|
P
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
28.
|
Agung
|
L
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
29.
|
Adithia
|
L
|
6
|
60
|
7
|
70
|
|
30.
|
Andre
|
1
|
7
|
70
|
10
|
100
|
|
31.
|
Agus R
|
L
|
6
|
60
|
7
|
70
|
|
32.
|
Ari
|
L
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
33.
|
Bayu
|
I_
|
7
|
70
|
10
|
100
|
|
34.
|
Fikri
|
L
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
35.
|
Hani
|
P
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
36.
|
lnggrit
|
P
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
37.
|
M lqbal
|
L
|
6
|
60
|
7
|
70
|
|
No
|
Nama
|
L/P
|
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Keterangan
|
||
Nilai
|
%
|
Nilai
|
%
|
||||
38.
|
Irian Nadi
|
L
|
7
|
70
|
10
|
100
|
|
39.
|
Kennanti
|
P
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
40.
|
Legi S
|
L
|
7
|
70
|
9
|
90
|
|
41.
|
Laras
|
P
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
42.
|
Lina
|
P
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
43.
|
Maras
|
P
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
44.
|
M Sidik
|
L
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
45.
|
Ayu M
|
P
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
46.
|
Ratna Y
|
P
|
6
|
60
|
8
|
80
|
|
47.
|
Elvira j
|
P
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
48.
|
Irfan B
|
L
|
7
|
70
|
8
|
80
|
|
49.
|
Astri
|
P
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
50.
|
Indi A
|
P
|
6
|
60
|
10
|
100
|
|
51.
|
Farida
|
P
|
5
|
50
|
6
|
60
|
|
52.
|
Andy
|
L
|
6
|
60
|
8
|
80
|
|
53.
|
Sapta
|
L
|
8
|
80
|
10
|
100
|
|
54.
|
Bernard
|
L
|
6
|
60
|
10
|
100
|
|
55.
|
Sarah J
|
P
|
6
|
60
|
9
|
90
|
|
56.
|
Fahmi A
|
L
|
8
|
80
|
9
|
90
|
|
Jumiah
|
L=25
|
358
|
3580
|
491
|
4910
|
|
|
P=31
|
|||||||
Rata-Rata
|
|
6,4
|
64
|
8,8
|
88
|
2.
Deskripsi Temuan dan Refleksi
Prosentase keberhasilan siswa
pada siklus 1 dengan jumIah siswa 56 orang Adalah sebagai berikut :
15 siswa dengan prosentase penguasaan materi diatas
70 %
11 siswa dengan prosentase penguasaan materi 70
%
30 siswa dengan prosentase penguasaan materi
dibawah 70 %
Prosentase keberhasilan siswa pada siklus 2 adalah sebagai berikut :
48 siswa dengan prosentase penguasaan materi
diatas 70 %
5 siswa dengan prosentase penguasaan materi sama
dengan 70 %
3
siswa dengan prosentase pengauasaan materi dibawah 70 %
3.
Pembahasan
Berdasarakan hasil
diskusi dengan teman sejawat proses perbaikan pembelajar an sudah mengalamai kemajuan,hal ini ditunjukan
dengan peningkatan nilai dan siklus 1
dan siklus 2. Observasi oleh teman sejawat dilaksanakan secara terbuka
dengan mencatat setiap kejadian yang terjadi ketika proses belajar mengajar berlangsung kemuadian masukan diberikan kepada
peneliti setelah proses belajar mengajar selesai.
Perbaikan terjadi pula pada pembelajaran yang dilakukan
guru. Guru mengajar dengan menggunakan alat peraga, sekecil apapun kebaikan
yang dimunculkan siswa, maka guru memberikan penguatan baik berupa nilai atau pun kata-kata karena terbuktri penguatan
berpengaruh terhadap prestasi siswa.
E.
MA
|
Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah
dilakasanakan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.
Konsep akan tertanam dengan cepat dengan cara
melibatkan siswa secara langsung dalam proses balajar mengajar misalnya dengan
bermain-peran sebagai penjual dan pembeli untuk materi hubungan antar satuan
berat.
2.
Konsentrasi siswa dapat ditingkatakan dengan
menggunakan alat peraga selain untuk menarik perhatian siswa alat peraga jugs
berguna untuk mengurangi verbalisme.
3.
Rasa percaya diri siswa dapat ditimbulkan
melalui pemberian penguatan baik verbal maupun non verbal.
Berdasarakan kesimpulan di atas beberapa saran dan tindak lanjut yang harus
diperhatikan guru adalah :
1.
Guru mengajar hams menggunakan alat peraga.
2.
Proses belajar mengajar harus melibatkan semua
potensi siswa.
3.
Memperbanyak latihan.
Disamping itu, berdasarkan pengalaman melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka peneliti sebagai guru memandang
perlu mengaktifkan Kelompok Kerja
Guru (KKG), untuk bertukar pikiran dalam menyelesaikan permasalahan yang
ditemui dalam praktek mengajar sehari-hari.
DAFTAR
PUSTAKA
Depdiknas. (2003). "Kurikulum
2004 Standar Kompetensi",
Herry Heriawan, Asep. (2003). "Pengembangan Kurikulum dan
Pembelajaran", Jakarta : Universitas Terbuka.
KTSP. (2006). “KTSP Satuan Isi IPA Kelas VI”, Jakarta : Departemen Pendidikan
Nasional.
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2006). “Pendidikan Anak di SD”, Jakarta :
Universitas Terbuka.
Rahmat ; Burhanudin, M. (2004). "Belajar
Matematika untuk SD Kelas 6", Bandung : PT. SPKN.
Sukahar ; M. Amin, Siti. (2001). "Matematika 6 Mari Berhitung untuk SD
Kelas 6",
Jakarta : Depdiknas.
Wardani, 1. GAK ; Wihardit, K ; Nasoetion, N.
(2003). "Penelitian Tindakan Kelas",
Jakarta :
Universitas Terbuka.
Seklih Herry.
(Lampiran)
Nama : AHMAD RIFAI, Ama. Pd
NIP : 480 050 178
Pangkat/Golongan : Pembina
Tk 1/ IV B
Jabatan : Kepala SDN
2 Sukarame
Pendidikan
terakhir : D2, Universitas Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman
kerja : 38 Tahun
Sukarame,
30 Januari 2008
AHMAD RIFA’I, Ama.Pd
NIP
480 050 178
BIODATA
PENELITI
Nama : TETI, S.Pd
NIP : 132 026 806
Pangkat/Golongan : Penata / IIIC
Jabatan : Guru Kelas
Tempat Mengajar : SDN 2 Sukarame
Pendidikan Terakhir : S1, Universitas
Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman Mengajar : 15 Tahan
Sukarame,
30 Januari 2008
Mengetahui,
AHMAD RIFA’I, Ama.Pd
NIP 480
050 178
|
Peneliti
TETI, S.Pd
NIP 132
026 806
|
BIODATA
TEMAN SEJAWAT
Nama : SOLIHIN ATMAWIJAYA, S. Pd
NIP : 131 019 371
Pangkat/Golongan : Pembina
/ IV A
Jabatan : Guru SDN Sukamaju.
Pendidikan
terakhir : S1, Universitas Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman
kerja : 27 Tahun
Teman
Sejawat
SOLIHIN
ATMAWIJAYA, S.Pd
NIP
131 019 371
BIODATA TEMAN SEJAWAT
(Lampiran)
Nama : AHMAD RIFAI, Ama. Pd
NIP : 480 050 178
Pangkat/Golongan : Pembina
Tk 1/ IV B
Jabatan : Kepala SDN
2 Sukarame
Pendidikan
terakhir : D2, Universitas Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman
kerja : 38 Tahun
Sukarame,
30 Januari 2008
Teman Sejawat
AHMAD RIFA’I, Ama.Pd
NIP
480 050 178
BIODATA
PENELITI
Nama : TETI, S.Pd
NIP : 132 026 806
Pangkat/Golongan : Penata / IIIC
Jabatan : Guru Kelas
Tempat Mengajar : SDN 2 Sukarame
Pendidikan Terakhir : S1, Universitas Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman Mengajar : 15 Tahan
Sukarame,
30 Januari 2008
Mengetahui,
Kepala SDN 2 Sukarame
AHMAD RIFA’I, Ama.Pd
NIP 480
050 178
|
Peneliti
TETI, S.Pd
NIP 132
026 806
|
BIODATA
TEMAN SEJAWAT
Nama : SOLIHIN ATMAWIJAYA, S. Pd
NIP : 131 019 371
Pangkat/Golongan : Pembina
/ IV A
Jabatan : Guru SDN Sukamaju.
Pendidikan
terakhir : S1, Universitas Terbuka
Jurusan : PGSD
Pengalaman
kerja : 27 Tahun
Sukarame, 30 Januari 2008
Teman
Sejawat
SOLIHIN
ATMAWIJAYA, S.Pd
NIP
131 019 371
LEMBAR
PENGAMATAN SISWA
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
KRITERIA
|
KET
|
||
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
|||
1
|
MINAT
|
|
|
|
|
2
|
PERHATIAN
|
|
|
|
|
3
|
KEAKTIFAN
|
|
|
|
|
4
|
KERJASAMA
|
|
|
|
|
5
|
SIKAP
|
|
|
|
|